Diskusi Pandangan Sukarno Tentang Ekonomi Indonesia

 

Blitar - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno bekerja sama dengan Forum Komunitas Pembaca Aktif Perpustakaan Proklamator Bung Karno melaksanakan diskusi pada

Rabu, 3 September 2014 dengan Tema "Pandangan Sukarno tentang Ekonomi". Diskusi yang dihadiri oleh para pemustaka, guru dan juga budayawan. Penyaji materi pada kali ini adalah Dr. H.M Supriyono, dosen Universitas Islam Balitar.

Beliau memulai pemaparannya diawali dengan alur konsep pemikiran Bung Karno, tokoh pejuang kebangsaan, dan kemerdekaan Indonesia. Dalam perjalanan hidupnya Sukarno dipengaruhi oleh keluarga, Sarinah, HOS Tjookroaminoto, serta teman-teman seperjuangan dan juga para pemikir luar.

Konsepsi ekonomi Sukarno didorong oleh paham Marhaenisme yang diciptakannya, yaitu sebuah sistem ekonomi yang memungkinkan rakyat memiliki modalnya sendiri, dilakukan sendiri untuk kemaslahatan keluarga dan dalam konteks yang lebih luas adalah rakyat memiliki modalnya sendiri, mengusahakan dan memproduksi sendiri untuk kesejateraan sendiri, selanjutnya dalam arti yang luas mencapai kemakmuran, keadilan, dan kesejahteraan dengan kemandirian dan semangat gotong royong.

Diharapakan dengan adanya diskusi ini dapat menambah wawasan para peserta mengenai konsep pandangan Sukarno tentang ekonomi. (hry)