Kebutuhan informasi setiap pemustaka tentu beragam, bisakah perpustakaan memberikan layanan prima sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemustaka. Kebutuhan dan keinginan informasi pemustaka merupakan tuntutan, apabila perpustakaan bisa menjawab tuntutan ini tentu akan menciptakan kepuasan dari pemustaka. Sebaliknya jika keinginan dan kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan ketidakpuasan. Ketidakpuasan yang berulang-ulang dapat menimbulkan ketidakpercayaan dari pemustaka, yang pada akhirnya memadamkan minat pemustaka terhadap perpustakaan. Perpustakaan bisa dikatakan berhasil jika layanan mereka dimanfaatkan oleh pemustaka
dan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Namun kepuasan pemustaka tidak hanya pemenuhan kebutuhan dan keinginan akan informasi saja, faktor-faktor pendukung fasilitas layanan juga berpengaruh dalam membentuk persepsi pemustaka terhadap layanan dari sebuah perpustakaan.

 

 

Hasil Survey