Sosialisasi Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan Nasionalisme Indonesia serta Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

Tanjung selor, 25 April 2016. Perpustakaan Nasional RI, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Utara  menyelenggarakan Sosialisasi Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan Nasionalisme Indonesia serta Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca. Peserta dari acara ini  sebanyak 400 orang  terdiri atas Kepala Perpustakaan Nasional RI, Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Pustakawan, Mahasiswa, Guru Sejarah, praktisi politik, Siswa SLTA dll yang mempunyai ketertarikan terhadap perpustakaan, nasionalisme dan pemikiran Bung Karno.

Kegiatan ini di rangkai dalam bentuk talkshow  yang laksanakan di gedung wanita Tanjung Selor dengan  menghadirkan narasumber  di antaranya Kepala Perpustakaan Nasional Ri (Drs. Muh. Syarif Bando , M.Si) menyampaikan tentang Pentingnya komitmen Perpustakaan Nasional RI dalam membangun nasionalisme Indonesia melalui pemerataan perpustakaan di seluruh tanah air, Kepala UPT Perpustakaan Prokalamtor Bung Karno (Dr. Suyatno) menyampaikan Nasionalisme dan Pemikiran Bung Karno untuk Indonesia, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Utara (Dr. Ir. Hermawan, M.Si) menyampaikan Peranan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam rangka mewujudkan Indonesia Cerdas di Kalimantan Utara dan  Penulis Buku dari Kalimantan Utara  Dr. Said Ali Amin menyampaikan mengenai buku yang di tulisnya dengan judul Kesultanan Bulungan Dulu, Kini Dan Yang Akan Datang. Dalam kegiatan ini hadir juga wakil gubernur kalimantan utara  H. Udin Hianggio yang memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara.

Dalam sambutannya wakil gubernur mengharapkan agar setiap generasi muda di kaltara memiliki idealis yang tinggi dengan bayak membaca dan meniru apa yang dilakukan oleh Bung Karno, selain itu wagub juga berharap perpustakaan bisa di jadikan sebagai tempat rekreasi. Selaku Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Wagub Berpesan agar kerjasama  yang baik seperti  kegiatan  tersebut terus berlangsung  dan mengajak generasi muda untuk gemar membaca agar  lahir Bung Karno Baru di Kaltara. Para peserta juga  berharap bahwa kegiatan seperti  bisa terus dilaksanakan terutama untuk daerah perbatasan guna meningkatan nasionalisme dan cinta tanah air. (hani)