Safari Literasi, Jawab Rasa Penasaran Siswa MTsN 1 Kota Blitar

Penasaran dengan detail layanan Perpustakaan Bung Karno, peserta Safari Literasi yang merupakan siswa MTsN 1 Kota Blitar kelas tujuh dan delapan antusias bertanya kepada pustakawan.

Selasa 5 Maret 2024, tim Safari Literasi Perpustakaan Bung Karno mengunjungi MTsN 1 Kota Blitar. Lima puluh siswa telah duduk tenang sebelum acara dimulai. Sebagian sibuk membuka gawainya untuk mendaftar anggota perpustakaan. Bagi yang sudah mendaftar bisa langsung cetak kartu di tempat.

Zeny, pustakawan MTsN 1 Kota Blitar memaparkan materi kiat-kiat menjadi pustakawan kecil. Bagaimana proses membiasakan diri untuk membaca dibahas dalam sesi ini. Dia mengajak para peserta memilih buku-buku yang tipis dulu untuk memantik kegemaran membaca.

Selanjutnya giliran Yanuar, pustakawan Perpustakaan Bung Karno yang memimpin acara. Diawali dengan permainan sambung kata. Satu siswa diminta menyebutkan satu kata kemudian dilanjutkan siswa lain untuk membentuk kalimat yang logis. Karena harus berpikir cepat, beberapa siswa melontarkan kata yang membuat seisi kelas tertawa.

Yanuar menyampaikan seluruh elemen layanan Perpustakaan Bung Karno. Mulai dari sejarah pendirian, aneka ragam layanan, dan mekanisme membuat kartu anggota serta peminjaman buku. Tak sedikit siswa yang bertanya tentang SILAKAN (Sistem Layanan Anda Pesan Kami Antarkan), karena memudahkan mereka untuk meminjam buku tanpa harus ke perpustakaan.

Selesai acara, para siswa mengantre untuk mencetak kartu anggota perpustakaan. Sepertinya mereka sudah tidak sabar lagi menggunakan layanan SILAKAN. Bagi siswa yang tidak mengikuti sosialisasi dari Tim Safari Literasi, dapat meminjam buku di area halaman gedung selatan melalui layanan Perpustakaan Keliling.

“Terima kasih telah mempercayai kami untuk menerima fasilitas dari Perpustakaan Bung Karno. Semoga nanti ada kelanjutan kerja sama antara MTsN 1 Kota Blitar dan Perpustakaan Bung Karno,” harap Zeny.