Kenalkan Layanan Perpustakaan Bung Karno melalui Safari Literasi

Selasa, 20 Februari 2024, Perpustakaan Bung Karno melawat ke SMPN 3 Kota Blitar dalam kegiatan Safari Literasi. Lima puluh siswa dari kelas tujuh dan delapan  mendapatkan materi pengenalan layanan Perpustakaan Bung Karno oleh pustakawan.

Terdapat dua sesi materi dalam Safari Literasi. Materi pertama disampaikan oleh Kepala Perpustakaan SMPN 3 Kota Blitar Sangit Pambudi yang membahas terkait program literasi di sekolah. Kemudian materi kedua disampaikan Jatmiko, pustakawan Perpustakaan Bung Karno. Jatmiko membahas secara detail jenis-jenis layanan perpustakaan, seperti: mekanisme pembuatan kartu anggota, ruang dan jenis koleksinya, hingga program terbaru Perpustakaan Bung Karno.

Bagi siswa yang belum memiliki kartu anggota, dapat mendaftar dan mencetak kartu saat itu juga. Tim Siskarling (Sistem Kartu Anggota Keliling) siap sedia di depan kelas saat kegiatan berlangsung.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMPN 3 Kota Blitar Anang Zubaedi dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk mengembangkan kemampuan dalam dunia literasi siswa, perlu bekerjasama dengan Perpustakaan Bung Karno.

Sementara itu Sangit Pambudi berpesan bahwa setelah kegiatan ini SMP 3 Kota Blitar akan menyampaikan permohonan kerja sama terkait peminjaman paket buku (Bulkloan) guna menambah koleksi yang ada di perpustakaan sekolah.

“Alhamdulillan berbahagia sekali didatangi Perpustakaan Bung Karno, materi yang disampaikan dapat menjawab kekurangan-kekurangan yang ada pada kita,” kesan Sangit.