Raih Nilai Tertinggi, Tari Putri Retnaningsih Jadi Terbaik 1 di Festival TAKARI 2023

Sanggar Herucakra Art Dance dari Yogyakarta menyabet predikat Penyaji Terbaik 1 dalam Festival TAKARI (Tari Kreasi Rakyat Indonesia) 2023. Menyajikan Tari Putri Retnaningsih, mereka mampu membius juri pada Grand Final (14/10) yang diselenggarakan di Auditorium Sukarno

Tari Putri Retnaningsih menceritakan tentang sekelompok prajurit putri pasukan Raden Ayu Retnaningsih (Istri Pangeran Diponegoro) yang sedang berlatih dan menggembleng diri terkait kanuragan serta olah keterampilan perang menggunakan senjata Cundrik dan Gendewa.

Dewan Juri yang terdiri dari Abing Santoso, Ammy Aulia, dan Ayu Titis memberikan nilai tertinggi untuk Tari Putri Retnaningsih dibanding tujuh finalis lain yang berasal dari berbagai daerah, yakni Banjarnegara, Yogyakarta, Madiun, dan Blitar.

Grand Final Festival TAKARI dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Blitar, Priyo Suhartono. Beliau memberikan apresiasi kepada Perpustakaan Bung Karno.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala UPT Perpustakaan Bung Karno beserta jajaran yang terus berkreasi membawa seni budaya dan membawa nama Blitar di kancah nasional maupun internasional.”

Sementara itu dalam laporannya, Kepala UPT Perpustakaan Bung Karno Nurny Syam menjelaskan bahwa adanya Festival TAKARI 2023 merupakan bentuk nyata perwujudan Trisakti Bung Karno.

“Festival ini juga masuk dalam program Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial. Melalui program tersebut Perpustakaan Bung Karno berupaya untuk menciptakan manusia unggul agar Bangsa Indonesia dapat sejajar dengan bangsa lain,” tambah Nurny.

Festival TAKARI 2023 dimulai sejak 24 Agustus 2023. Tercatat 25 peserta dari seluruh Indonesia mengunggah video tariannya  dan diseleksi oleh Dewan Juri. Tanggal 25 September 2023 diumumkan sepuluh finalis yang wajib menampilkan tariannya secara langsung di Auditorum Sukarno dalam babak Grand Final.

Sayangnya dua peserta dari Lampung dan Riau mengundurkan diri karena alasan tertentu. Sehingga total delapan finalis yang menyajikan tarinya di depan Dewan Juri secara langsung dan di hadapan ratusan penonton. Berikut daftar penyaji terbaik dalam Festival TAKARI 2023:

  1. TERBAIK 1: Tari PutrI Retnaningsih oleh Sanggar Herucakra Art Dance (Yogyakarta)
  2. TERBAIK 2: Tari Pleret Blitar oleh Tunas Patria (Blitar)
  3. TERBAIK 3: Tari Nderes Kelapa oleh EKEK Dance Community (Blitar)
  4. TERBAIK 4: Tari Hutan Dandaka oleh Sanggar Puspowarno (Yogyakarta)
  5. TERBAIK 5: Tari Tani Agrapana oleh Sanggar Tari Gemah Sari (Banjarnegara)
  6. TERBAIK 6: Tari Petren Penyaji oleh Sanggar SMKN 1 Wonoasri (Madiun)
  7. TERBAIK 7: Tari Nusantara oleh Sanggar Bawita Art Dance (Blitar)
  8. TERBAIK 8: Tari Tanahku Tanah Airku oleh Sanggar Sekar Niti (Blitar)

 

Reportase : Ardha Bryan

Dokumentasi: Agus Juwito