Sarasehan "To Build the World a New"

Kamis, 10 Agustus 2023, menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 78, Perpustakaan Proklamator Bung Karno menggelar Sarasehan dengan tema “To Build the World a New” di amphiteater. Sarasehan ini merupakan salah satu agenda Sosialisasi Perpustakaan Proklamator Bung Karno 2023.

Dengan tujuan untuk mempromosikan Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai sumber untuk menggali nilai-nilai pemikiran dan perjuangan Bung Karno, kegiatan ini diharapkan mampu menyampaikan pesan moral bagi masyarakat di Blitar dan sekitarnya.

Sebanyak kurang lebih 150 peserta hadir dari berbagai kalangan, termasuk anggota Forum Sarasehan Seni dan Budaya (FORSABDA) Kabupaten Tulungagung, Komunitas Mocopat Blitar Kawentar, mahasiswa, dan komunitas pedagang.

Sarasehan ini menghadirkan lima narasumber yang masing-masing membawakan topik berbobot yang berkaitan dengan pemikiran Bung Karno dan relevansinya dalam konteks nasionalisme, internasionalisme, kebudayaan, serta literasi kebangsaan dan kemerdekaan.

Narasumber pertama Henni Indarriyanti (Dosen UNISBA) membawakan materi tentang nasionalisme dan internasionalisme dalam pandangan Bung Karno, khususnya pidato Bung Karno "To Build the World a New".

Dilanjutkan oleh Cak Purwanto, seorang budayawan dari Blitar Kawentar, membahas tentang keterkaitan antara kemerdekaan dan kebudayaan dalam konteks pandangan Bung Karno. Sedangkan Wawan Susetya, seorang budayawan yang aktif dalam pengembangan literasi masyarakat, berbagi kisah pemberdayaan literasi mandiri melalui Forum Sarasehan Seni dan Budaya (FORSABDA) Kabupaten Tulungagung.

Dilanjutkan oleh Budi Kastowo, pustakawan Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Budi menjelaskan pentingnya literasi kebangsaan dan kemerdekaan dalam pandangan Bung Karno.

Narasumber pamungkas Dr. H Teguh (Dosen UIN Tulungagung) membahas pandangan Bung Karno tentang nasionalisme dan islam. Dalam konteks perjuangan kemerdekaan Indonesia, ia menggali koneksi antara kedua konsep tersebut yang mempengaruhi perjalanan perjuangan bangsa.

Sebelum memasuki inti sarasehan, acara diawali dengan penampilan musik keroncong. Dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara dari Kepala Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang disampaikan oleh pustakawan utama, Dr. Hartono. Acara berlanjut dengan mocopatan bersama mbah Raban, seorang budayawan Blitar. Mocopatan usai, sarasehanpun di mulai.

Acara berlangsung interaktif. Moderator membuka sesi diskusi yang memungkinkan peserta untuk berbagi pandangan mereka.

Dengan digelarnya acara ini, diharapkan Perpustakaan Proklamator Bung Karno akan semakin dikenal sebagai pusat penggalian pemikiran dan nilai-nilai perjuangan Bung Karno serta para pejuang lainnya.

 

Reportase: Yunita Pertiwi

Dokumentasi: Agus Juwito