Diklat Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan, dan Keistimewaan DIY di Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Blitar, 26 Juli 2023. Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan Diklat Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan, dan Keistimewaan DIY, yang salah satu materinya adalah observasi lapangan di Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Daerah DIY. Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pegawai tentang pancasila, wawasan kebangsaan, serta keistimewaan DIY sehingga dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan sebaiknya.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis dan Fungsional Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Lintang Ika Novida. Lintang berharap melalui diklat ini terwujud ASN yang memiliki bekal dasar tentang pemahaman ideologi pancasila, wawasan kebangsaan dan keistimewaan DIY dalam melaksanakan tugas di Pemerintah Daerah DIY.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber, yaitu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Edy Wasono dan pustakawan Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Budi Kastowo.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar memberikan materi tentang kebudayaan dan pariwisata di kota Blitar. Edy menjelaskan betapa pentingnya melestarikan dan mengenalkan kebudayaan lokal kepada wisatawan dan masyarakat. Penekanan diberikan pada bagaimana kebudayaan menjadi daya tarik pariwisata yang dapat menggerakkan ekonomi lokal dan memperkuat identitas bangsa.

Selanjutnya, Budi Kastowo menyampaikan materi tentang universalitas pancasila dalam pemikiran Bung Karno. Dengan penuh semangat, pustakawan tersebut memaparkan bagaimana Bung Karno berperan penting dalam sejarah Indonesia dalam menggali pancasila sebagai ideologi bangsa.

Setelah sesi penyampaian materi, para peserta berkesempatan untuk melakukan observasi lapangan di Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Didampingi oleh Friska Fauzi, pustakawan di Layanan Memorabilia, para peserta diajak untuk melihat koleksi bersejarah tentang Bung Karno. Kunjungan ke layanan memorabilia ini menjadi momen berharga bagi para peserta untuk lebih mendalami dan menghayati sejarah bangsa, terutama dalam konteks perjuangan dan pemikiran Bung Karno.

 

Reportase: Yunita Pertiwi

Dokumentasi: Agus Juwito