Peringati Hari Anak Nasional, Perpustakaan Proklamator Bung Karno Gelar Story Telling dan Read Aloud

Blitar, 21 Juli 2023, Perpustakaan Proklamator Bung Karno mengadakan story telling dan read aloud untuk merayakan Hari Anak Nasional Tahun 2023. Dengan tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”, kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 70 anak-anak TK dari Sentul dan Bendogerit Kota Blitar. Kegiatan yang berlangsung di ruang Layanan Koleksi Anak ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan pentingnya kegiatan story telling dan read aloud dalam mengembangkan minat baca dan kreativitas anak-anak. Selain itu peringatan Hari Anak ini menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat komitmen dalam melindungi dan memajukan anak-anak Indonesia.

Kegiatan ini menghadirkan story teller dan read aloud trainer dari Blitar Read Aloud (TARRA) yaitu komunitas yang mengkampanyekan kegiatan membaca nyaring di Blitar sebagai narasumber, yakni Dwi Rahmah Hidayati dan Elia Putrisia. Sebelum story telling dan read aloud dimulai, anak-anak diajak untuk menonton film animasi yang mengisahkan tentang kehidupan Sang Proklamator, Bung Karno. Film tersebut menarik perhatian anak-anak karena disajikan dalam bentuk yang menyenangkan.

Setelah film selesai diputar, dilanjutkan dengan read aloud. Kak Elia membacakan buku yang berjudul “Alia Juga Berani” dengan nyaring. Anak-anak bersemangat mendengarkan cerita Alia dalam buku tersebut. Read Aloud telah usai, acara dilanjutkan oleh Kak Dwi Rahmah dengan story telling tentang “Samir” menggunakan media boneka burung merpati. Selama mendengarkan, anak-anak terlihat antusias dan terpesona dengan cerita “Samir”, seekor burung merpati yang ingin menebarkan perdamaian dan cinta.

Kegiatan ini berhasil menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan membawa kegembiraan bagi para anak-anak, sekaligus meningkatkan minat baca mereka. Sebab dalam kegiatan ini, anak-anak tidak hanya mendengarkan tetapi juga diajak berinteraksi melalui kuis. Bagi yang bisa menjawab akan mendapatkan souvenir.

Kepala Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Nurny Syam berharap agar dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan anak Indonesia yang cerdas “Dare to Lead and Speak Up” serta mewujudkan lingkungan yang aman untuk anak.

“Anak-anak adalah calon pemimpin bangsa ke depan yang diharapkan menjadi generasi emas yang cerdas, sehat, unggul,dan berkarakter, dengan bersendikan kepada nilai-nilai moral yang kuat.” imbuhnya

 

Reportase: Yunita Pertiwi

Dokumentsi: Agus Juwito