Literasi Wastra Nusantara, Lestarikan Budaya Bangsa

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno terus berupaya mewujudkan perubahan dan kemajuan masyarakat dengan melakukan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang salah satunya dibingkai dalam kegiatan Literasi Wastra Nusantara.

Kegiatan yang digelar mulai tanggal 20-22 Juni 2023 di amphiteater ini, menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang wastra (kain tradisional) dan diikuti oleh 100 peserta. Hari pertama berakhir, kreasi kain jumputan dengan berbagai motif dan warna tercipta dibawah bimbingan Arini Kumala Sari. Di hari kedua peserta diajak membatik dengan menggunakan pendulum yang dibimbing langsung oleh Komarudin Kudiya dari Rumah Batik Komar Bandung.

Di hari ketiga, digelar parade wastra (jembrengan kain nusantara) dengan narasumber Noorlailie Soewarno dari Bangga Berkain Nusantara. Tujuannya adalah mengenalkan berbagai macam kain nusantara, mulai dari aceh hingga ambon kepada peserta. Dilanjutkan dengan talkshow “Menebar Cinta Melalui Wastra” oleh Kristin Samah dari Komunitas Wanita Indonesia Keren dan tutorial berkain oleh Peni Cahyaningtyas dari Griya Peni Kedai/Roemah Wastra.  Selain itu ada juga pertunjukan seni oleh anggota Komunitas Kebaya Indonesia (KKI) Blitar dan fashion show oleh Putra Putri Batik Blitar.

Tidak sebatas menambah ragam wastra nusantara, namun juga mengenalkan dan melestarikan budaya bangsa. Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Utama Perpusnas RI, Ofy Sofiana. “Kita bisa lihat, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kain khasnya sendiri. Keragaman ini harus dilestarikan, khususnya oleh generasi muda, generasi penerus bangsa” tegasnya

 

Reportase: Yunita Pertiwi

Dokumentasi: Agus Juwito