Ubah Limbah Jadi Produk Bernilai Ekonomi

Blitar, 13-15 Juni 2023. Kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial terus digulirkan oleh UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Setelah Literasi Videografi usai, Literasi Pemanfaatan Daur Ulang Limbah dimulai pada hari Selasa (13/6)  di amphiteater Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 13-15 Juni 2023 ini mengajak peserta untuk mengubah limbah kain (perca) dan minyak goreng bekas (jelantah) menjadi produk yang bernilai ekonomi lebih.

Menggandeng narasumber Nisa Hariadi (Owner Nisa’s Quilt), peserta langsung praktik quilting sejak hari pertama dan finishing pada hari kedua. Di hari terakhir, peserta belajar membuat sabun dari minyak goreng bekas (jelantah) dimentori oleh tim dari Paguyuban Bank Sampah Kecamatan Sananwetan. 100 peserta bersemangat mengikuti kegiatan. Menariknya, beberapa peserta merupakan orang berkebutuhan khusus.

Kepala UPT  Perpustakaan Proklamator Bung Karno, melalui Pustakawan Utama Hartono dalam sambutannya berharap agar perpustakaan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Disamping itu, perpustakaan  harus menjadi pusat kegiatan masyarakat sehingga terjadi proses berbagi pengetahuan dan keterampilan yang dapat menciptakan inovasi dan kreativitas. 

“Disinilah kita belajar bersama, bertukar informasi, berbagi pengetahuan dan mengembangkan potensi diri. Harapannya bisa meningkatkan kesejahteraan,” tuturnya

 

Reportase: Yunita Pertiwi

 Dokumentasi: Agus Juwito