Puncak Perpustakaan Bung Karno Expo 2023

Perpustakaan Bung Karno Expo 2023 sukses digelar selama enam hari.  Dibuka pada 6 Juni dan berakhir 11 Juni. Dengan tema “Dengan Semangat Kemandirian Ekonomi Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial” berbagai kegiatan disiapkan untuk menyemarakkan Bulan Bung Karno. 

Ada pameran yang diikuti 30 peserta dengan produk unggulan mereka, baik dari OPD Kota maupun Kabupaten Blitar, sekolah, pelaku UMKM, serta perwakilan dari instansi Kabupaten Badung, Bali. Ada pula pementasan seni yang ditampilkan oleh peserta. Mulai dari tari, musik, fashion show dan teater. Selain penampilan teater serta pentas seni dari delegasi Kabupaten Badung, Bali, ada juga pementasan tonil karya Bung Karno oleh Toneel Club Kelimutu Reborn. 

 

Puncak kegiatan Perpustakaan Bung Karno Expo diisi dengan pementasan seni, kelas dongeng bersama Kak Aio , festival mewarnai, festival melukis serta pemberian penghargaan kepada pemenang festival dan pemustaka terbaik. Festival mewarnai diikuti oleh siswa tingkat TK se-Blitar Raya dan dilaksanakan pada 11 Juni di selasar Auditorium Sukarno. Sedangkan siswa siswi tingkat SMP yang mengikuti festival melukis bebas memilih tempat melukis yang nyaman di area Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

 

Enam peserta dengan karya terbaik festival mewarnai adalah, Muhammad Syauqi Alfarizqi, M. Salman Al-Farizi, Indhira Khairani, Ainayya Wino El Rahma, Azka Salsabila dan Ghani Althaf Priambodo. Selanjutnya, untuk pemenang festival melukis yaitu Djunbin Rosharenan, Fritzie Elfredo, Devanda Aurera Ervananta, Selly Lovina Agustina, Muh. Maulana Shodikin dan Aji Laksanan Raditya. Adapun pemenang festival fotografi adalah Bintang Indra Gumilang, Fahma Fikri Athallah, dan Wisnu Fataaz Dzaki.

 

Tidak hanya itu, penghargaan juga diberikan kepada pemustaka terbaik, yakni mereka aktif memanfaatkan layanan Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Setiap tahun, Perpustakaan Proklamator Bung Karno secara berkelanjutan menyelenggarakan kegiatan Reward Pemustaka. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan semangat pemustaka agar lebih mendayagunakan layanan Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

 

Kriteria penilaian pemustaka terbaik tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Jika tahun sebelumnya kriteria pemustaka terbaik diambil dari pemustaka yang memanfaatkan layanan perpustakaan secara langsung dan diseleksi melalui kuis dan wawancara. Kali ini, penilaian berdasarkan data keaktifan pemustaka dalam memanfaatkan berbagai layanan perpustakaan yang dibagi dalam beberapa kategori yaitu kategori koleksi khusus Bung Karno, koleksi umum, koleksi referensi, koleksi anak serta “The Best Netizen” yakni bagi anggota Perpustakaan Bung Karno yang aktif berinteraksi dan membagikan informasi seputar Perpustakaan Proklamator Bung Karno di media sosial. Penghargaan Pemustaka terbaik 2023 diberikan kepada Sandy Raharja, Suharyadi, dan Mukhammad Yahya. Selain pemustaka terbaik, penghargaan juga diberikan kepada sekolah dengan pendaftaran anggota terbanyak tahun 2023, yakni SMP Negeri 5 Kota Blitar.

 

Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Nurny Syam melalui Pustakawan Utama Hartono berterima kasih dan mengapresiasi antusiasme masyarakat yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

 "Terima kasih kepada seluruh peserta pameran dan expo, peserta lomba serta seluruh masyarakat atas partisipasi dan peran serta mengikuti semua kegiatan. Juga seluruh panitia dan pegawai yang telah berperan mensukseskan kegiatan ini," ucapnya

 

 

Reportase: Yunita Pertiwi

Dokumentasi: Agus Juwito