Dari Literasi Kopi Menuju Ekonomi Mandiri

 

Blitar, 9 Mei 2023. “Sensory” menjadi tema materi pada edisi Literasi Kopi tahun ini. Dibuka pada hari ini (9/5) dan berlangsung hingga 11 Mei 2023 di amphiteater Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Literasi Kopi diikuti oleh 100 peserta.

Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd secara resmi membuka acara dan mendukung diadakannya Literasi Kopi ini.

“Saya sangat mendukung atas terselenggarannya Literasi Kopi ini. Semoga para peserta bisa menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber dan berinovasi dengan cita rasa kopi," kata Santoso

Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Nurny Syam menyampaikan bahwa Literasi kopi merupakan bagian dari kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Sebab dewasa ini perpustakaan tidak hanya menjadi tempat meminjam buku, namun juga menjadi tempat yang inklusif untuk meningkatkan kreativitas, produktivitas dan ekonomi.

Literasi Kopi menghadirkan narasumber Restu Dewa, seorang Q Arabica Grader, Q Processing Professional dan SCA Intermediate Roaster. Materi yang diberikan fokus pada coffee cupping, mulai dari pengenalan rasa dasar dan 6 macam asam organik dalam kopi hingga kalibrasi cupping. Hasil dari pelatihan ini diharapkan akan menjadi inspirasi bagi para peserta untuk mencapai kemandirian ekonomi. 

 

Reportase: Yunita Pertiwi

Dokumentasi: Agus Juwito