Pembahasan Rancangan Buku Dibawah Bendera Revolusi III

 

Blitar - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno pada hari Rabu, 19 Nopember 2014 melakukan kegiatan Pembahasan Rancangan Buku Dibawah Bendera Revolusi III.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh sekitar 30 Peserta yang terdiri dari Pustakawan dan Staff yang berada dilingkup UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Drs. Suyatno, M.Si., Kepala Bidang Penngembangan dan Pelestarian Bahan Pustaka Drs, Hartono, SS., M.Hum., Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Kerjasama Drs. I. Purwodarsono, M.Pd, Ka Subag Tata Usaha Dra. Janti Suksmarini, MM serta tiga orang narasumber yaitu Dr. dr. Rusdhy Hoesein, M.Hum dari Yayasan Bung Karno, Drs. Slamet Sutrisno M.Si dari Universitas Gadjah Mada, dan Drs. Bambang Budiono, MS dari Universitas Airlangga.

Acara ini di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan laporan dari ketua panitia kegiatan Drs. Hartono, SS. M.Hum, dalam laporannya beliau mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari penyusunan buku Dibawah Bendera Revolusi III ini adalah sebagai upaya untuk menghimpun karya-karya Bung Karno yang masih tercecer yang belum dimasukkan didalam buku DBR I dan II, lebih lanjut lagi beliau mengatakan bahwa agar buku ini dapat lebih didayagunakan oleh para pemustaka. Acara kemudian dibuka secara resmi oleh kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Drs. suyatno, M.Si, beliau berpesan agar para narasumber dapat mengupas habis dan "dikuliti" isi dari pada buku tersebut.

Dalam pembahasannya Dr. dr. Rusdhy Hoesein, M.Hum mengatakan bahwa masih banyak literatur mengenai Sukarno yang kini ada di Belanda, koleksi Bung Karno juga banyak terdapat di Istana Batu Tulis Bogor Jawa Barat, kemudian dalam paparan kedua diisi oleh Drs. Slamet Sutrisno, beliau mengatakan bahwa sejak dahulu bahkan sampai dengan sekarang terdapat Desukarnoisasi, beliau juga berpesan jangan memukul rata setiap rezim penguasa, seharusnya kita mengambil apa apa yang baik dari setiap rezim yang sedang berkuasa. Pada sesi yang ketiga di isi oleh Drs. Bambang Budiono, MS., Beliau mengatakan bahwa karakteristik pemikiran Bung Karno adalah dialektik hal itu tercermin dalam pidato beliau didepan sidang BPUPKI.

Acara kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab kepada seluruh peserta, diharapkan dengan adanya kegiatan Penyusunan Rancangan Buku Dibawah Bendera Revolusi III ini dapat menambah pengetahuan, pemikiran dan karya Bung Karno di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.(hry)

Search