Safari Literasi Bung Karno Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

Perpustakaan Bung Karno kembali menggelar (9/11) Safari literasi Bung Karno. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan budaya baca dan wawasan kebangsaan melalui literasi ini diselenggarakan di SMA N 1 Kademengan dan diikuti oleh 50 siswa.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum SMA N 1 Kademangan, Luh Putu Mertawati. Beliau  menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang terjalin dengan Perpustakaan  Bung Karno. “Terima kasih atas kedatangan tim dari Perpustakaan Bung Karno. Semoga kerja sama ini terus  berkelanjutan.”

Koordinator Pengolahan Pengembangan dan Pelestarian Bahan Pustaka, Agus Sutoyo memberikan materi tentang kepenulisan mulai dari mencari inspirasi dan referensi hingga cara meningkatkan kemampuan menulis. Beliau juga menyampaikan banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan menulis sebagai media transfer knowledge.

Selanjutnya, materi Safari Literasi Bung Karno disampaikan oleh Pustakawan, Budi Kastowo dan Yanuar Hafidz. Dengan bahasa yang mudah dipahami dan interaktif, peserta diajak untuk mengungkapkan pemikiran dan menunjukan wawasan kebangsaan mereka. Beliau juga memberikan motivasi kepada peserta bahwa dengan literasi cita-cita akan tercapai.

Budi Kastowo mengungkapkan bahwa beberapa pahlawan berperang menggunakan senjata, tapi Bung Karno berperang menggunakan buku. Buku-buku yang dibaca Bung Karno mengantarkan Indonesia menuju merdeka, dan hari ini dengan buku-buku pula akan mengantarkan siswa semua mencapai cita-cita.

“Contohnya seorang pustakawan, dia tidak bisa mentransfer knowledge dan memberikan informasi kepada masyarakat jika tidak bisa menuangkan informasi yang telah dia baca kedalam tulisan,” lanjut Budi.

Dalam kesempatan ini, Perpustakaan Bung Karno juga menghadirkan kunjungan Perpustakaan Keliling di halaman SMA N 1 Kademangan yang langsung diserbu oleh para siswa dengan sangat antusias. Menurut salah satu siswa, hadirnya perpustakaan keliling  di sekolah mereka sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan wawasan baru. “Terima kasih Perpustakaan Bung Karno, dengan adanya perpustakaan keliling saya bisa membaca di sini dan menambah pengetahuan saya.”

Reportase: Yunita Pertiwi

Foto: Agus Juwito