Kepala Perpusnas RI, M. Syarif Bando melakukan kunjungan (12/1) ke Perpustakaan Bung Karno bersama Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Joko Santoso, Plt. Kepala Bagian Umum Dewi Kartikasari, dan Kasubag PRT Layanan Pengadaan Adi Cahyadi. Kali ini kunjungan beliau bertujuan untuk memberikan pengarahan dan motivasi kepada seluruh pegawai serta memantau perkembangan perencanaan pembangunan gedung.
“Sekalipun perahumu bagus, sekalipun pendayungmu kuat, kalau nahkodanya tidak cerdas maka tak pernah ada penumpangnya,” buka Syarif Bando menyitir pepatah Bugis dalam sesi pengarahan. Beliau banyak memaparkan tentang vitalnya figur pemimpin bagi sebuah organisasi. Pemimpin yang baik memiliki kemampuan untuk memberikan pengarahan yang jelas, peralatan yang baik, menyiapkan waktu, menyiapkan anggaran yang cukup agar seluruh perintahnya bisa direalisasikan.
Syarif Bando juga mengajak pegawai Perpustakaan Bung Karno untuk membantah isu mengenai rendahnya budaya baca masyarakat Indonesia. “Jangan ikut membenarkan, mari kita bantah besar-besaran! Tidak mungkin kuda pustaka, perpustakaan keliling, becak pustaka, perahu pustaka dikerumuni kalau budaya baca rendah, yang masalah itu tidak ada buku yang dibaca. 50 juta buku disiapkan untuk 270 juta penduduk mana mungkin masalah bisa selesai?”
Sementara itu, Kepala Perpustakaan Bung Karno, Janti Suksmarini mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kepala Perpusnas RI terkait kepemimpinan terbaik dalam membangun tim kerja, mewujudkan akuntabilitas pengelolaan anggaran serta menjalin hubungan baik dengan mitra lembaga.
“Saya ucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan, semoga dapat memotivasi kami untuk bekerja lebih keras agar dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Kami ucapkan terima kasih pula atas kedatangan Bapak Syarif, Bapak Joko, Ibu Dewi, dan Mas Adi yang dapat memotivasi kami dengan memberikan contoh kinerja terbaik untuk melayani masyarakat,” tutup Janti.
 

Bahasa Indonesia - English

Search