Berbagai Karya Tercipta Melalui Literasi Videografi

Tiada hentinya Perpustakaan Proklamator Bung Karno mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Kali ini, bertepatan dengan peringatan hari lahir Bung Karno, kegiatan Literasi Videografi telah dibuka di amphiteater Perpustakaan Proklamator Bung Karno (6/6).

Kegiatan yang termasuk dalam rangkaian agenda Bulan Bung Karno ini diikuti oleh 100 peserta terpilih dan akan berlangsung hingga 8 Juni 2023. Kegiatan ini menghadirkan pakar pakar videografi sebagai narasumber. Diantaranya, Yuriko Abi Pratama (Film Maker), Nashiru Setiawan (Penulis dan Sutradara Film) dan Lingga Galih Permadi (Film Maker). Tidak hanya memberikan teori, para narasumber membimbing peserta hingga tercipta berbagai karya kreatif.

Hari pertama narasumber memberikan materi, mulai dari produksi film secara umum hingga penulisan naskah dan teknik pengambilan gambar. Hari kedua, peserta diminta untuk menulis naskah dan mengambil video secara berkelompok. Ada diskusi di akhir sesi, membahas kendala - kendala yang ditemui di lapangan saat pengambilan video. Pada hari ketiga, hasil video dari setiap kelompok ditampilkan dan direview oleh narasumber di Auditorium Sukarno. Ada yang membuat video tentang cara berkunjung ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno, promosi kegiatan Perpus Bung Karno Expo dan video kreatif lainnya yang berkaitan dengan perpustakaan dan Bung Karno. 

Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Nurny Syam melalui Koordinator Pelayanan Informasi dan Kerjasama Hery Purwanto berharap Literasi Videografi ini bisa meningkatkan keterampilan peserta di bidang videografi.

 “Perpustakaan tidak hanya menjadi tempat untuk membaca dan meminjam buku. Banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya dengan berkegiatan seperti Literasi Videografi ini, yang bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)” ujarnya. 

 

Reportase: Yunita Pertiwi

 Dokumentasi: Agus Juwito