Terapi Modalitas Berondong Ngopi

Dalam rangka kegiatan Terapi Modalitas, Puskesmas Sukorejo mengajak sahabat tersayang (sebutan untuk klien gangguan jiwa yang merupakan akronim dari satu hati bersama masyarakat terabaikan saat jiwanya goyang) berkunjung ke UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno (26/5). Kegiatan ini dikemas dengan tema “Berondong Ngopi” singkatan dari Berwisata Naik Odong-Odong dengan Olah Pikir. Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk mengubah perilaku mal adaptif klien gangguan jiwa menjadi adaptif.

Selain itu, Terapi Modalitas ini bertujuan untuk mengenal lingkungan, bersosialisasi, mengurangi gejala gangguan jiwa dengan cara mengajak klien gangguan jiwa berwisata/rekreasi. Tidak hanya petugas dari Puskesmas (Dokter, perawat, dll) dan klien gangguan jiwa, dalam rombongan juga terdapat kader jiwa, kasi kesra, Babinsa, Babinkamtibmas, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Blitar.

Kegiatan diawali dengan kegiatan seremonial, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Puskesmas Sukorejo, Ibu drg. Wisma Yuniar, Sub.Koor Program Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kota Blitar, Ibu Sri Untari, serta Ibu Nurny Syam, S.Sos selaku Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Selanjutnya, sahabat tersayang diajak menonton video Riwayat Singkat Bung Karno, menjelajahi layanan koleksi memorabilia, serta berkunjung ke berbagai segmen layanan perpustakaan yang lain.

Di akhir sesi kegiatan, sahabat tersayang diajak bermain game dan makan bersama di dekat Gong Perdamaian yang masih berada dalam satu komplek UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Reportase: Friska Fauzi

Dokumentasi: Agus Juwito