Literasi Pemasaran Produk Online: Tingkatkan Penjualan, Raih Kesejahteraan

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, untuk pertama kalinya menggelar Literasi Pemasaran Produk Online sebagai salah satu kegiatan inklusi sosial tahun 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta terpilih. Tidak hanya berasal dari kalangan pelaku bisnis, namun juga dari masyarakat umum, siswa dan mahasiswa yang ingin mempelajari tentang pemasaran produk secara online.

Berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 11 hingga 13 April 2023 di amphiteater dengan menghadirkan 5 narasumber yang ahli di bidang pemasaran online yakni, Aidil Wicaksono (Business Coach & Advisor), Ismita Putri (Business Coach), Sri Wigatiningsih (Enterpreneur), Ali Munawir Rohman (Social Media Strategist) dan Arif Alhana (Digital Marketing Specialist).

Diawal kegiatan peserta mendapatkan sharing knowledge dari Sri Wigatiningsih, pelaku bisnis online yang berhasil memasarkan produknya hingga mancanegara.  Sesi selanjutnya, narasumber memberikan berbagai materi terkait pemasaran online, seperti penggunaan media sosial, pengenalan tentang optimasi mesin pencarian (SEO), pembuatan konten dan copywriting yang menarik, serta tips meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan layanan bisnis digital menggunakan Google Profil Bisnis dan Lynk.id. Tidak hanya menyampaikan materi, narasumber juga membimbing peserta untuk mempraktekannya.

Dalam sambutannya, Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Nurny Syam menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta tentang strategi pemasaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan penjualan. "Di era digital ini, perpustakaan harus bertransformasi dan mengambil peran dalam meningkatkan literasi dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Reportase: Yunita Pertiwi

Dokumentasi: Agus Juwito