Pameran Literasi Kopi Meriahkan Bazar Literasi

Blitar, 17 November 2022 - Perpustakaan Bung Karno ikut berpartisipasi dalam Bazar Literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar. Bazar yang dibuka (17/11) langsung oleh Bupati Blitar tersebut diikuti oleh belasan OPD dan UKM di Kab. Blitar.

Bupati Blitar Rini Syarifah dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk meningkatkan literasi demi mengantisipasi tindak kejahatan di era digital. Bahkan dia ingin masyarakat Blitar bisa meniru budaya literasi di Finlandia.

“Kita harus berjuang seperti Finlandia yang menjadikan literasi sebagai budaya. Perpustakaan diharapkan menjadi benteng agar masyarakat tidak mudah terjerumus ke hal-hal yang negatif,” hemat Rini.

Sementara itu Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Nurny Syam yang juga turut hadir dalam pembukaan Bazar Literasi, mengajak Bupati Blitar untuk mampir ke stan Perpustakaan Bung Karno. Kali ini hasil dari program Literasi Kopi yang dipamerkan. Menjual aneka olahan kopi yang siap diminum.

“Ini adalah hasi program Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial. Ada sebelas kegiatan kami di tahun ini, dan Literasi Kopi inilah salah satunya. Setiap ada pameran kami mengajak peserta inklusi sosial yang berhasil menciptakan bisnis,” terang Nurny kepada Bupati Blitar.

Tak hanya buku saja yang disajikan di Bazar Literasi. Berbagai produk UKM seperti camilan, tas, dan perabotan rumah tangga, dipamerkan di sana. Bahkan adaapula pelayanan cek kesehatan gratis.

 

Reportase: Ardha

Foto: Agus Juwito