Telusuri Sejarah Purbakala melalui Lukisan

 Blitar, 15 Juni 2022- Perpustakaan Bung Karno bekerjasama dengan PT. Galarindo menghadirkan Pameran Lukisan Purbakala. Bertempat di Selasar Gedung C  pameran ini menampikkan lukisan karya “Mbah Yit” dan akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 15 Juni sampai Jum’at, 17 Juni 2022.

Pameran Lukisan Purbakala menampilkan berbagai koleksi lukisan bertema sejarah masa lalu dan purbakala. Diselenggarakan oleh PT. Galarindo yang merupakan perusahaan investasi di bidang seni.

Direktur Galarindo, JR Heksa Galuh menjelaskan secara singkat tentang perusahaannya sembari menyampaikan rasa terima kasih kepada Perpustakaan Bung Karno, “ Atas nama teman – teman kita haturkan matur nuwun dan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional Proklamator Bung Karno di Blitar, ucapnya.

Saat pembukaan pameran, Pak Suyitno atau sapaan akrabnya Mbah Yit sebagai pelukis tunggal, hadir. Beliau berasal dari keluarga pejuang yang memiliki karakter lukis ekspresionis.

Plt Kepala Perpustakaan Bung Karno Hartono dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PT Galarindo dan semua seniman yang berpartisipasi di acara event Bulan Bung Karno,

“Saya berharap selain mengadakan pameran lukisan yang bertema purbakala ini juga mengadakan serasehan untuk menjelaskan apa filosofi-filosofi yang tertuang di lukisan yang dipamerkan."

 Hartono juga berpesan agar semua koleksi bisa dikeluarkan dan ditampilkan sehingga pesan moral dari lukisan – lukisan tersebut bisa diterima oleh masyarakat.

 

Reportase: Humas PBK

Foto: Agus Juwito