Atraksi Penuh Rasa

Atraksi Kung  Fu Chef alias Chef Muto menggebrak pembukaan (15/3) Literasi Mustikarasa. 100 peserta terbius dengan gerakan lincah Chef Muto saat memainkan pisau dan spatula.

Kegiatan yang berlangusung selama tiga hari (15-17 Maret 2022) ini diselenggarakan di Amphiteater Perpustakaan Bung Karno.

Tidak tanggung-tanggung, Literasi Mustikarasa tahun ini mengundang dua narasumber. Pertama adalah Chef Muto yang menjadi bintang utama acara televisi Kung Fu Chef Global TV. Narasumber kedua adalah Chef Nathan, jawara The Chef Indonesia Indosiar.

Literasi Mustika rasa merupakan program Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial yang mengajak masyarakat untuk meningkatkan keterampilan memasak menggunakan resep dari Buku Mustikarasa. Plt. Kepala Perpustakaan Bung Karno, Dr. Hartono menungkapkan bahwa Perpustakaan Bung Karno memiliki banyak koleksi yang dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Buku dari Bung Karno ini (Mustikarasa) merupakan warisan luar biasa yang dapat dijadikan masyarakat untuk berkreasi dalam memasak,” ungkap Dr. Hartono.
Sementara itu Ketua Panitia Literasi Mustikarasa, Nurny Syam berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa memiliki pilihan makanan pokok selain nasi.

“Mustikarasa memberikan bimbingan dan motivasi masyarakat dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Makanan pokok tak harus nasi, bisa dari ketela, jagung, dan berbagai bahan baku lain,” hemat Nurny.

Reportase: Ardha Bryan
Foto: Agus Juwito