pengaduan.png
sliderwebsite.png
previous arrow
next arrow
PlayPause

Koleksi Perpustakaan

Layanan utama kami menyediakan koleksi buku tentang Bung Karno dan koleksi memorabilia. Mengingat pemikiran Bung Karno tidak hanya  tentang filsafat, sosial, maupun politik, maka  dari itu kami juga memiliki koleksi umum dan koleksi anak.

 

  • Koleksi Umum

    Koleksi Umum

    Pemikiran Bung Karno tak hanya menyentuh subjek filsafat, sosial, maupun politik. Melainkan subjek lain seperti kesenian, sastra, olahraga hingga agama
    Read More
  • Koleksi tentang Bung Karno

    Koleksi tentang Bung Karno

    Berisi karya-karya Bung Karno, karya-karya orang lain tentang Bung Karno, buku-buku yang dibaca Bung Karno dan karya-karya pejuang bangsa
    Read More
  • Koleksi Anak

    Koleksi Anak

    Layanan Koleksi Anak menyediakan koleksi yang dikhususkan untuk pemustaka anak.
    Read More
  • Koleksi Memorabilia

    Koleksi Memorabilia

    Pemikiran Bung Karno tak terbatas disajikan melalui buku-buku saja. Pemustaka bisa melihatnya melalui bentuk lain. Berupa lukisan, benda peninggalan Bung
    Read More

Kata Mutiara

Bagi saya Ilmu pengetahuan hanyalah berharga penuh jika ia dipergunakan untuk
mengabdi kepada praktek hidupnya manusia,
atau praktek hidupnya bangsa,
atau praktek hidupnya dunia kemanusiaan.

Pidato Presiden Sukarno ketika menerima gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 19 September 1951


 
Tanggal 10 Oktober 2017, Perpustakaan Proklamator Bung Karno mendapat kunjungan dari  UPTD SMPN 1 Plemahan Kab. Kediri, Jawa Timur. Kunjungan ini merupakan salah satu tujuan dari jadwal perjalanan Studi Lapangan yang dilanjutkan dengan ziarah ke Makam Bung Karno kemudian melihat rumah Proklamator Bung Karno di Istana Gebang serta ke Candi Penataran. Rombongan siswa - siswi ini berjumlah 54 anak dengan guru pembimbing sebanyak 11 orang.

            Maksud dan tujuan dari kunjungan adik-adik ini ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang kepemimpinan Bung Karno, memberikan motivasi pada pengurus OSIS periode 2017/2018 untuk meneladani Bung Karno serta menumbuhkan nilai patriotisme bagi siswa-siswi.

            Siswa-siswi ini dipandu oleh petugas untuk melihat film sejarah Proklamator Bung Karno, yang juga diakui sebagai Bapak Bangsa, The Founding Father yang banyak berperan membangkitkan, memberikan jati diri bangsa dan kemudian meletakkan dasar negara Republik Indonesia, Pancasila yang pertama kali dilontarkan pada 1 Juni 1945. Film dokumenter tersebut bercerita tentang kisah Bung Karno mulai dilahirkan sampai dengan saat mengantar Bangsa Indonesia meraih kemerdekaannya bersama dengan Bung Hatta yang dibantu oleh para pejuang bangsa lainnya dengan tanpa mengenal takut berjuang bersama sampai akhirnya Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

            Dengan adanya pemutaran film ini, adik siswa- siswi diharapkan timbul kesadaran bahwa kemerdekaan yang mereka nikmati sekarang ini merupakan hasil jerih payah para pejuang bangsa yang berani mengorbankan segalanya termasuk nyawa sendiri demi untuk kemerdekaan bangsa sehingga dengan ini bisa membangkitkan semangat yang besar untuk meneruskan apa yang sudah dilakukan oleh para pejuang bangsa yang dipimpin oleh Bung Karno ini dalam bentuk aktif berperan serta di dalam pembangunan Indonesia kelak ketika mereka dewasa.

            Dipilihnya Perpustakaan Proklamator Bung Karno ini sebagai tempat kunjungan karena Perpustakaan Bung Karno dipandang sebagai nilai historis dan patriotisme. Selain itu Perpustakaan Bung Karno memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang bisa menjadi motivasi bagi siswa. Dan yang terakhir sebagai media pembelajaran untuk bangga dan mencintai nilai sejarah bangsa dan negara.(hry)

Search

Layanan Kami

  • Default
  • Title
  • Date
  • Random