Pameran Foto Solidaritas Masyarakat Internasional Palestina

 

Blitar - United Nation Information Centre (UNIC) mengadakan pameran foto di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno dalam rangka memperingati tahun solidaritas

masyarakat Internasional Palestina yang jatuh pada tanggal 29 November, dipilihnya UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno oleh UNIC karena dianggap sensitifitas religion masyarakat Blitar sangat tinggi terutama terhadap rakyat Palestina. Pameran ini diadakan mulai tanggal 16 Pebruari 2015 s.d 1 Maret 2015, pameran ini bertujuan untuk memperlihatkan semangat para rakyat Palestina ditengah invasi agresi Israel. UNIC selain mengunjungi UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebelumnya juga mengadakan kegiatan serupa di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan tidak menutup kemungkinan untuk mengadakan kegiatan serupa di UPT Perpustakaan Bung Hatta Bukittinggi.

Ada sekitar 40 foto dokumentasi solidaritas rakyat Palestina yang berasal dari arsip UNRWA (United Nations Relief and Works Agency) yang merupakan sebuah badan PBB yang bertugas secara khusus menangani para pengungsi Palestina, dan sekitar 20 foto dari Kementrian Luar Negri Indonesia yang beberapa juga diambil dari organisasi Mercy Corps, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk partisipasi pemerintah Republik Indonesia dan juga sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Dengan diadakannya pameran foto solidaritas masyarakat Internasional Palestina diharapkan masyarakat Blitar pada umumnya semakin menyadari akan terjadinya konflik yang berada di Palestina dan Israel dari sisi kemanusiaan, dan juga meskipun ditengah konflik yang terjadi tersebut masih ada secercah harapan yang muncul, hal itu ditunjukkan dalam foto foto mengenai anak anak yang masih semangat belajar dan bermain meskipun dengan keadaan yang sulit. (Hry)

Search